dubin cycling community

dubin cycling community

Selasa, 30 Juni 2009

Bandung Survey Story 29 Juni '09















Iseng2 gowes menuju jalur "warung bandrek" yg biasa disebut2 oleh biker bandung dan akhirnya ketemu juga walaupun perjalanan ini saya lakukan sendirian... Perjalan kali ini saya awali dari simpang dago start sekitar pukul 6.30 wib.
Saya langsung meluncur menuju terminal dago dengan tanjakan sebagai pemanasan awal dengan waktu tempuh sekitar 17 menitan.



Perjalanan dilanjutkan setelah berhenti beberapa saat untuk mengambil gambar situasi sekitar jalur survey... kemudian roda saya arahkan lagi menuju taman hutan raya Ir. H Juanda dan saat itu waktu sudah menunjukan pukul 6.56 wib.



Rupanya disini tanjakan yang bener-bener memaksa gear 1 FD dan RD... barangkali hampir sama dengan tanjankan ngehe RA (rindu alam) terkadang harus berhenti tuk ambil nafas.. kira2 jarak tanjakan sekitar 2 KM. Sayang tidak bisa akurat karena speedo meter belum terpasang... Disini waktu sudah menunjukan pukul 07.28 wib.




Pemandangan kiri kanan jalur ini begitu indah dan udara yg segar serta cuaca yang bersahabat membuat tanjakan ini dapat dilalui dengan senang hati...


dan akhirnya sampai juga di warung bandrek yang banyak diceritakan teman2 biker dari bandung itu.. Istirahat beberapa saat dan berkenalan serta ngobrol2 mencari informasi jalur dengan pengunjung warung yang sebagian juga bersepeda... (08.00 wib.)
Beberapa biker kembali menuju kota dengan rute yang sama... namun kali ini saya putuskan untuk melanjutkan perjalanan survey ini menuju lembang via maribaya dengan rute yang telah diinformasikan oleh pengunjung warung tadi... Mereka mengatakan tidak jauh dan ada turunan... mmmhh boleh juga pikir saya...



Rupanya turunan yang mereka maksud adalah turunan yang harus sangat hati2 untuk kita lewati... seat post terpaksa harus saya turunkan sampe mentok untuk menghindari roda belakang terangkat terlalu tinggi sehingga ada kemungkinan terpelanting ke udara... turunan tidak terlalu panjang namun cukup membuat jantung terpacu lebih cepat... Barangkali untuk turunan yg satu ini lebih tepat menggunakan sepeda DH (Down Hill)... Kurang lebih jam 08.21 wib. sampai ke bawah...








Ternyata setelah sampai bawah, ada lagi tanjakan yang harus saya lalui... kali ini benar2 mantap.. panjang sekali tanjakan ini pikir saya... tapi dengan track batu2 yang disusun sangat rapi membuat tanjakan ini lagi2 dapat dilalui dengan selamat walaupun keringat menetes membasahi kacamata cukup banyak.. tidak cukup sampai sini... keluar area maribaya saya harus melalui jalan raya menuju lembang yang tidak kalah terjalnya... kali ini bener2 "nyiksa" karena harus berbarengan dengan kedaraan pribadi dan angkot... Disini waktu sudah menunjukkan pukul 08.47 wib.
Kalo melihat patok kilometer yg ada di pinggir jalan untuk menuju lembang berjarak 5 KM dan menuju bandung berjarak 21 KM... namun tidak terasa saya langsung menemukan jalan pintas untuk pulang menuju kota bandung... sempat juga berkenalan dengan biker lokal asal lembang dan dia sendiri mengatakan banyak sekali pak jalur di sekitar sini yg bagus bagus, saya sendiri tidak pernah bosan gowes disini katanya... sipp atuh lamun kitu mah...




Barang kali disini tempat peristirahatan paling tepat setelah melahap tanjakan dan 7 menit turunan neraka... beberapa menu masakan dengan tempat yang cukup representatif dengan pemandangan yang indah dengan latar belakang kota bandung... cukup untuk membuat kita fresh untuk sementara waktu... untuk selanjutnya bonus turunan sampai kembali ke kota Bandung.... sampai kota bandung sekitar pukul 10.10 wib.. .......pisss... keep ride... keep save.... ride for green....

Tidak ada komentar: